Go4HealthyLife.com, Jakarta - Diet hanya dengan air putih diyakini sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cepat seraya mengeluarkan racun dari tubuh. Lalu, bagaimana kita bisa melakukan diet hanya dengan air putih?

Bagi mereka yang memiliki diet hanya air putih harus menghindari semua makanan padat dan banyak minum air putih ketika mereka menganut diet ini.

Meski tanpa makanan padat, tubuh masih dapat bertahan karena tubuh memiliki cadangan yang cukup untuk bertahan selama beberapa hari tanpa makanan.

Umumnya ahli gizi merekomendasikan diet air putih selama 10 hari bagi mereka dengan kondisi fisik yang baik. Proses ini juga dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi.

Mereka yang melakukan diet air putih, diharapkan untuk minum sebanyak 7-10 gelas air suling atau air minum dimurnikan setiap hari. Dengan diet ini, berat rata-rata menurun sekitar 2-3 kilogram sehari.

Selain air putih, mereka yang melakukan diet air masih boleh makan makanan yang berbentuk cair, seperti sup, jus buah, teh atau kopi tanpa gula dan krim atau buah yang mengandung banyak air.

Namun, tidak semua orang dapat melakukan diet semacam ini. Karena mereka yang memiliki penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain tertentu pantang melakukan diet ini.

Ada beberapa syarat yang perlu dipertimbangkan jika akan melakukan diet air putih, antara lain:

1. Mereka yang melakukan diet air putih harus mengatur kegiatan mereka, jangan melakukan aktivitas yang memerlukan banyak energi dan berkeringat banyak.

2. Sebelum memilih untuk melakukan diet air putih, harus berkonsultasi dengan dokter. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain tertentu tidak boleh melakukan diet ini.

3. Jika Anda melakukan diet air putih lebih dari 1 pekan dan tidak bisa meninggalkan rutinitas, maka Anda harus memasukkan jus buah untuk menambah gizi.

4. Tidak dianjurkan diet air putih dengan menggunakan air keran atau air mineral. Untuk melakukan diet air putih, Anda harus menggunakan air suling yang mempunyai sifat magnetik untuk meningkatkan proses detoksifikasi.

5. Selama 8-10 hari sebelum melakukan diet air putih, Anda harus mulai makan lebih banyak buah dan sayuran, minum jus buah segar dan jus sayuran. Hal ini akan membantu mempersiapkan tubuh untuk detoksifikasi selama puasa dan diet.

6. Ketika melakukan diet air putih, ada kemungkinan Anda mengalami pusing jika Anda tiba-tiba berdiri. Jadi selalu berhati-hati ketika berdiri, ambil napas dalam-dalam sebelum berdiri. Tarik napas dalam untuk meningkatkan proses oksigenasi dan meningkatkan sirkulasi.

7. Hindari makanan berat (makanan kaya lemak), berminyak, makanan pedas. Demikian pula, makan berlebihan harus dihindari. Jika Anda tidak mengubah kebiasaan makan Anda setelah diet, Anda cenderung akan cepat bertambah berat badannya.